Your browser does not support JavaScript!

Gaswad.Com

— Apapun Informasinya Yang Penting Berguna
    Follow :

Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 1 (Instalasi Laravel)
Oct 9th, 2018

Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 1 (Instalasi Laravel)

Category : Laravel, Tutorials | Posted by G-admin at at October 9th, 2018 06:24 am
49 | 0

Halo para pembaca Gaswad yang setia menunggu artikel baru dari penulis (pede), setelah sekian lama tidak update-update karena di sibukan dengan pekerjaan kantor akhirnya hari ini, jam ini, menit ini dan detik ini, penulis berhasil menyempatkan diri untuk menulis sebuah artikel tutorial baru, yaitu Belajar Menggunakan Laravel.

Tutorial ini sebenarnya lebih di tujukan bagi kalian-kalian para calon programer handal yang benar-benar masih awam dan ingin belajar atau mengenal Laravel, tapi untuk yang udah expert boleh-boleh juga baca artikel ini kok’, itung-itung bantu koreksi kalo ada yang salah penyampaian dari penulis.

Pada tutorial ini, penulis akan membagi sesi tutorial menjadi beberapa bagian agar otak kalian tidak kerja rodi dan yang terpenting agar kalian dapat lebih fokus dan memahami isi dari tutorial kali ini.

Adapun bagian-bagian dari sesi Tutorial Belajar Menggunakan Laravel di antaranya ialah :

  1. Instalasi Laravel
  2. Routing & Controller
  3. View & Blade Template
  4. Model & Konfigurasi Database
  5. Testing – Form Input Data

Tiap sesi sengaja penulis buat lebih ringkas namun di setiap sesinya mungkin ada dua atau lebih tutorial, jadi supaya kalian lebih enak ngikutinnya dan tidak berkesan bertele-tele.

Nah, bagi kalian yang belum tahu apa itu Laravel, secara singkat laravel merupakan salah satu framework PHP (selain CodeIgniter, Yii!, dll.) yang belakangan ini sedang sangat populer di gunakan oleh para programer karena cara penggunaannya yang mudah di bandingkan dengan CodeIgniter atau Yii! (Subjektif sih sebenernya). 

Lebih jauh mengenai profil laravel bisa coba kalian browsing-browsing sendiri di mbah Google atau coba langsung merujuk ke website resminya dengan meng-klik URL di bawah ini :

Sedangkan apa itu framework PHP untuk kalian yang belum paham bisa merujuk ke URL berikut ini :

Untuk mempersingkat waktu agar tidak terlalu banyak intro (Akhirnya…), maka disini penulis asumsikan bahwa kalian SUDAH paham bagaimana cara menggunakan Virtual Server, khususnya XAMPP, jadi kita langsung saja ke inti dari tutorial kali ini, untuk selanjutnya silahkan kalian pahami langkah-langkah berikut.

 

Instalasi Laravel

Sebelum memulai instalasi Laravel, jadi komponen-komponen yang perlu kalian pastikan sudah terinstal atau tersedia di komputer kalian masing-masing ialah :

  1. Virtual Server (XAMPP, WAMP, Dll),
  2. Composer, dan
  3. Koneksi Internet, karena proses instalasi Laravel over the air alias download langsung data-datanya dari internet.

Untuk kalian yang masing bingung bagaimana cara menginstal Virtual Server (XAMPP) bisa merujuk ke URL berikut :

Sedangkan jila kalian ingin lebih tahu bagaimana cara menginstal Composer silahkan merujuk ke URL berikut ini :

Sebagai catatan, selain Virtual Server, bagi penulis Composer wajib, kudu dan harus terinstal bila ingin menggunakan framework apapun jenisnya, karena dengan Composer kalian dapat secara berkala melakukan update, instalasi plugin, debuging, dan lain sebagainya terhadap framework atau plugin PHP yang kalian gunakan.

Jika Virtual Server maupun Composer sudah berhasil kalian instal di komputer kalian masing-masing, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai instalasi Laravel :

  1. Buat project baru dengan mengklik kanan folder \htdocs (C:\xampp\htdocs), lalu pilih menu ‘Use Composer here‘. Jika menu tersebut tidak ada, jangan panik, jangan hebring, jangan putus asa, silahkan klik kanan folder \htdocs sambil menekan tombol ‘Shift‘ pada keyboard lalu klik menu ‘Open command window here‘ untuk membuka jendela Command Prompt.
  2. ada jendela Commant Prompt yang tampil, silahkan kalian ketikan baris perintah berikut :
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel project_laravel 5.4.*

    Kalau kalian perhatikan pada baris perintah di atas, tepatnya pada bagian project_laravel, merupakan nama dari project Laravel yang akan kita instal, pada saat baris perintah tersebut di jalankan maka di dalam folder \htdocs akan ter-create satu buah folder baru dengan nama ‘\project_laravel‘, nama projeknya sendiri bebas tapi pada tutorial ini penulis sarankan jangan membedakan nama projeknya dulu demi menyamakan persepsi.

    Sedangkan di sini kita akan menginstal Laravel versi 5.4.* seperti yang tertulis pada baris perintah di atas, mengapa Laravel 5.4.*? Karena sesuai spesifikasi yang dapat kalian lihat disini, Laravel 5.4.* masih memanfaatkan PHP versi >= 5.6, dimana rata-rata hosting di Indonesia sudah menggunakan PHP versi 5.6, jadi jika projekan Laravel kalian nanti ingin langsung di upload ke hosting atau server online harusnya tidak akan menjadi masalah, alias tidak error karena adanya konflik antara modul Laravel dengan PHP yang ada di server kalian.

    Namun jika kalian ingin menginstal Laravel versi terbaru cukup jalankan baris perintah berikut di halaman jendala Command Prompt :

    composer global require "laravel/installer"

    Untuk Laravel versi terbaru, pastikan Virtual Server atau server hosting kalian khususnya PHP yang di gunakan sudah sesuai dengan spesifikasi yang di butuhkan oleh Laravel yang dapat kalian lihat disini.

    Selanjutnya, silahkan tekan tombol ‘Enter‘ untuk memulai instalasi Laravel dan berikut tampilan pada saat proses instalasi Laravel :

    Jika proses instalasi sudah selesai, maka kalian akan melihat folder baru dengan nama \project_laravel di dalam folder \htdocs kalian.

  3. Langkah terakhir yaitu testing apakah Laravel yang sudah kalian instal tadi sudah dapat di akses atau belum, caranya dengan mengakses folder \project_laravel dari web browser kalian. Silahkan kalian buka Virtual Server XAMPP kalian, lalu aktifkan PHP dan Database-nya, selanjutnya buka browser kalian lalu akses URL berikut :

    http://localhost/project_laravel/public/

    Jika proses instalasinya tidak ada gangguan alias semua data-data yang di butuhkan tidak ada yang kurang (menimbang proses instalasi harus men-download modul-modul Laravel dari internet), maka kurang lebih tampilannya akan seperti berikut ini :

    Tampilan di atas merupakan tampilan landing-page halaman Laravel, untuk merubah halaman ini akan kita lanjutkan pada tutorial berikutnya. Sampai disini maka proses instalasi Laravel sudah selesai.

Share social media :



Your response about this article :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Tutorial : Cara Install Composer
Tutorial : Cara Install Composer
Category : Others | June 5th, 2018
282 | 0

Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby (bundler) yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan library-library yang diperlukan. Sumber : Wikipedia Jadi secara garis besar, d...

Continue reading
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Category : Tips & Tricks | November 13th, 2017
580 | 0

Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tampilan bahwa domain kalian di blacklist atau di blokir oleh Google, alhasil tentunya website kalian tidak akan bisa di akses. Ada yang pernah ngalamin?? Bebe...

Continue reading
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Category : Tutorials | November 13th, 2017
1102 | 4

Halo para pembaca Gaswad yang ganteng dan yang cantik-cantik, yang jelek jangan kesinggung ya. Hehe… 😀 Ssetelah sekian lama ngga update akhirnya dapet kesempatan nyolong-nyolong waktu buat nge-update artikel Gaswad. Pada pembahasan artikel k...

Continue reading
Yang Baru Di Bootstrap 4
Yang Baru Di Bootstrap 4
Category : Others | October 31st, 2017
629 | 0

Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Web Responsif Dengan Boostrap yang masih menggunakan versi 3, ehh… udah nongol aja ini adeknya yang versi 4. Yaaa’, sebenarnya sih’ ud...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
Category : Wordpress | October 24th, 2017
722 | 2

Artikel ini merupakan artikel terakhir tentang bagaimana cara membuat template WordPress, bagi kalian yang sudah tertinggal atau melewatkan artikel-artikel sebelumnya, maka silahkan kalian merujuk ke link berikut : Intro & Registering Template ...

Continue reading
Panduan SEO ala Google
Panduan SEO ala Google
Category : Tips & Tricks | October 24th, 2017
537 | 0

Kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips dan panduan untuk meningkatkan SEO website kalian, beberapa panduan dan tips berikut secara kebetulan merupakan salah satu yang  di referensikan oleh Google agar website kalian dapat dengan mudah di cr...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
Category : Wordpress | October 20th, 2017
785 | 0

Pada sesi ini kita akan membuat Menu Navigasi dan Sidebar pada halaman template yang sudah kita buat sebelumnya, sesi ini merupakan sambungan dari artikel-artikel berikut : Intro & Registering Template – Part 1 Frontpage, Header & Footer ...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
Category : Wordpress | October 20th, 2017
618 | 0

Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membuat template WordPress menyambung artikel sebelumnya. Pada sesi sebelumnya kita sudah berhasil membuat halaman Frontpage, Header dan Footer website, pada artikel kali ini kita akan coba m...

Continue reading
Cara Mendapatkan Uang Dengan Google Adsense
Cara Mendapatkan Uang Dengan Google Adsense
Category : Tutorials | October 16th, 2017
1156 | 2

Setelah beberapa waktu lalu di kantor penulis sempat heboh-hebohnya di karenakan fitur dari Google yang bernama Adsense ini, bagaimana tidak karena rekan-rekan penulis yang tadinya cuma browsing-browsing doang, youtube-an, download film, tidur, kesur...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 2
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 2
Category : Wordpress | October 13th, 2017
696 | 0

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel pertama, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mendaftarkan template kita agar terbaca oleh aplikasi WordPress tepatnya di halaman Themes. Jadi bagi kalian yang belum membaca artikel t...

Continue reading
Cara Mendaftarkan Dan Melakukan Verifikasi Domain Di Google Search Console
Cara Mendaftarkan Dan Melakukan Verifikasi Domain Di Google Search Console
Category : Tutorials | October 12th, 2017
1340 | 2

Pada pertemuan kali ini (udah kayak anak kuliahan ajah), penulis ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara medaftarkan dan melakukan verifikasi domain kalian di Google Search Console. Bagi kalian yang masih bingung dan tidak tahu bagaimana car...

Continue reading
11 Cara Meningkatkan Keamanan Pada WordPress
11 Cara Meningkatkan Keamanan Pada WordPress
Category : Wordpress | October 10th, 2017
749 | 0

Pada artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips seputar keamanan pada website WordPress, yang kebetulan penulis dapat dari hasil searching-searching di Om’ Google. Seperti yang kalian ketahui saat ini WordPress merupakan salah satu...

Continue reading

Wordpress

  • Oct
    24
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
    Artikel ini merupakan artikel terakhir tentang bagaimana cara membuat template WordPress, bagi ...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
    Pada sesi ini kita akan membuat Menu Navigasi dan Sidebar pada halaman template yang sudah kita...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
    Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membuat template WordPress menyambun...
    Read more
  • Oct
    13
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 2
    Artikel ini merupakan sambungan dari artikel pertama, pada artikel sebelumnya kita sudah membah...
    Read more
  • Oct
    10
    2017
    11 Cara Meningkatkan Keamanan Pada WordPress
    Pada artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips seputar keamanan pada website Word...
    Read more
  • More articles
Tips & Tricks

  • Oct
    18
    2018
    Syntax error or access violation: 1071 Specified key was too long
    Bagi kalian pengguna Framework Laravel, terutama Laravel mulai dari versi 5.4 keatas pasti pern...
    Read more
  • Aug
    14
    2018
    Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
    Hallo guys, akhirnya kita berjumpa lagi setelah sekian lama kita berpisah… Hallah… ...
    Read more
  • Nov
    13
    2017
    Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
    Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tamp...
    Read more
  • Oct
    24
    2017
    Panduan SEO ala Google
    Kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips dan panduan untuk meningkatkan SEO website kali...
    Read more
  • Sep
    15
    2017
    Cara Mudah Download Video Youtube
    Bagi kita-kita yang suka menonton video dari Youtube pasti sering tiba-tiba terbesit seperti in...
    Read more
  • More articles
Tutorials

  • Oct
    18
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 4 (Model & Konfigurasi Database)
    Halo para pembaca Gaswad, menyambung artikel tutorial Belajar Menggunakan Laravel sebelumnya, k...
    Read more
  • Oct
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 3 (View & Blade Template)
    Di artikel sebelumnya, kita sudah berhasil menampilkan output langsung dari halaman Controller ...
    Read more
  • Oct
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 2 (Routing & Controller)
    Pada artikel kali ini, kita akan belajar menggunakan Routing dan Controller dimana Routing dan ...
    Read more
  • Oct
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 1 (Instalasi Laravel)
    Halo para pembaca Gaswad yang setia menunggu artikel baru dari penulis (pede), setelah sekian ...
    Read more
  • Sep
    04
    2018
    Membuat Efek Gradasi Warna Menggunakan CSS
    Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat gradasi warna, apa itu gradasi warna bisa kali...
    Read more
  • More articles
Others

  • Sep
    17
    2018
    Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
    Halo ghaes… Bagi beberapa dari kalian pasti masih belum ada yang begitu paham bagaimana s...
    Read more
  • Jun
    05
    2018
    Tutorial : Cara Install Composer
    Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby ...
    Read more
  • Oct
    31
    2017
    Yang Baru Di Bootstrap 4
    Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membu...
    Read more
  • Oct
    09
    2017
    Pengertian Page View, Visitor Dan Bounce Rate
    Sebenarnya pada artikel kali ini penulis ingin membuat tutorial bagaimana cara membuat template...
    Read more
  • Sep
    29
    2017
    ​Apa Itu Web Framework?
    Beberapa dari kalian apalagi yang masih pemula dalam bidang pemrograman website pasti masih awa...
    Read more
  • More articles
Page generated in : 989.54 ms