Your browser does not support JavaScript!

Gaswad.Com

— Apapun Informasinya Yang Penting Berguna
    Follow :

8 Tips Memilih Jasa Server Hosting Terbaik
Nov 2nd, 2018

8 Tips Memilih Jasa Server Hosting Terbaik

Category : Tips & Tricks | Posted by G-admin at at November 2nd, 2018 09:42 am
50 | 0

Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips memilih server hosting terbaik. Bagi kalian yang belum tahu apa itu server hosting bisa merujuk ke artikel berikut :

Seperti yang kalian ketahui, server hosting sangat penting peranannya dalam memberikan kualitas penyediaan data-data website terhadap para pengunjung yang ingin mengakses website kalian. Seberapa baik kualitas suatu server hosting akan banyak mempengaruhi ‘imej’ website kalian di mata para pengunjung, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Jika kualitas server hosting kalian buruk secara otomatis akan berimbas ke halaman website kalian pada saat di akses oleh pengunjung. Umumnya pengunjung tidak tahu atau mungkin tidak mau tahu kenapa website kalian sulit di akses, karena yang mereka tahu website kalian itu jelek kalau tidak bisa di akses, terlepas seberapa baik codingan di website kalian dan faktor koneksi yang di miliki si pengunjung.

Dalam artikel kali ini penulis ingin berbagi tips bagaimana cara memilih server hosting yang baik berdasarkan pengalaman penulis berikut rekomendasi jasa layanan web hosting yang dapat kalian pertimbangkan.

 

1. Kenali Jenis Server Hosting

Tips pertama sebelum memilih server hosting untuk website kalian, perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa server hosting memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu :

  • Shared, hosting jenis Shared bisa di bilang merupakan varian server yang paling rendah, kenapa rendah karena jenis server shared ini dalam 1 buah server induk ada banyak akun hosting di dalamnya. Umumnya dalam 1 buah server terdapat 100 – 200 bahkan lebih akun hosting yang berarti ada 100 – 200 lebih website yang musti di load oleh server tersebut, jika salah satu website membutuhkan source server yang tinggi (PHP, MySQL, Mail, Dll.) maka dapat menyebabkan server down yang berarti semua website di dalam server tersebut akan sangat sulit di akses gegara satu website yang berbuat ulah. Jika hal ini terjadi biasanya Teknikal Support hosting akan men-suspend website atau akun kalian secara sepihak agar website-website yang lain dapat berjalan dengan normal.
  • VPS (Virtual Private Server), server hosting VPS merupakan jenis server yang sudah ‘agak‘ lumayan ketimbang server Shared hosting. Prinsipnya sama dengan server Shared hosting diatas, yaitu dalam 1 buah server induk ada banyak akun hosting di dalamnya, bedanya jumlah akun relatif lebih sedikit. Umumnya di dalam server VPS jumlah akunnya tergantung dari kapasitas memori yang ada di dalam server. Karena VPS, maka tiap-tiap akun di dalamnya akan di buatkan semacam virtual server yang memiliki source-nya sendiri-sendiri, jadi jika ada satu akun yang berulah tidak akan berimbas ke akun yang lain.
  • Dedicated, server Dedicated merupakan varian server yang paling tinggi, kenapa paling tinggi karena dalam 1 server induk hanya memiliki satu buah akun yang berarti semua source di dalam server hanya khusus untuk melayani satu buah akun atau website.
  • Cloud, sedangkan server Cloud ini kalau menurut penulis mungkin lebih ke teknologi. Prinsip kerja server yang menggunakan teknologi Cloud hampir mirip dengan server VPS, bedanya kalau di VPS tiap virtual server di dalamnya bekerja sendiri-sendiri sedangkan server Cloud akan menggabungkan tiap virtual server yang di sebut sebagai Node menjadi satu, jika ada satu buah Node yang mati maka proses di dalam server akan di handle oleh Node yang lain sehingga secara otomatis presentase downtime di dalam server akan lebih sedikit.Btw, Om Google memakai sistem Cloud loh, makannya si Om kalau kita perhatikan ngga pernah downtime.

Dari penjelasan di atas di harapkan kalian dapat menentukan sekiranya server hosting mana yang paling cocok buat kalian, jika kebutuhan website kalian hanya untuk nge-blog, pakai server Shared seharusnya sudah cukup, selebihnya kalian bisa menggunakan server VPS keatas jika kalian takut atau was-was website kalian down.

 

2. Kualitas Layanan Teknikal Support

Tips kedua ialah kualitas pelayanan Teknikal Support yang di sediakan oleh jasa penyedia hosting, karena kita tidak tahu kapan, bagaimana, dimana, seperti apa website kita tiba-tiba down, maka rekan Teknikal Support inilah satu-satunya harapan yang akan membantu kita. Jadi pastikan pelayanan Teknikal Support yang di sediakan yaitu siap 1×24 jam.

Adapun pelayanan Support harus meliputi kemudahan dalam melakukan pelayanan seperti Service Contact yang siap sedia, Live Chat yang responsif, Tiketing dan Email. Pastikan keempat elemen ini benar-benar tanggap dalam meng-handle suatu laporan atau masalah.

 

3. Target Pengunjung Dan Penentuan Lokasi Server

Tips ke tiga yaitu target pengunjung dan penentuan lokasi server, sebelum kalian menyewa suatu layanan server hosting baiknya pikirkan terlebih dahulu website kalian ini setelah live nanti ingin di tujukan untuk pengunjung dari mana? Pilihannya hanya ada 2, yaitu untuk dalam negri atau luar negri. Kalau target kalian ialah pengunjung dalam negri, maka pada saat kalian ingin menyewa layanan server hosting pastikan untuk memilih server dalam negri, sebaliknya kalian bisa memilih server luar negri.

Dalam Negri?? Luar Negri?? Bedanya apa??

Bedanya di kecepatan akses, umumnya jika lokasi server berada di dalam negri, maka website kalian akan lebih cepat di akses jika di akses dari dalam negri pula, sebaliknya jika di akses dari luar negri maka akan relatif lebih lama karena paket data akan melewati router-router yang lebih banyak dan terbatasnya kecepatan transfer data.

Berlaku pula dengan kondisi sebaliknya, jika lokasi server berada di luar negri, maka pengunjung dalam negri akan lebih lama mengakses website kalian, namun pengunjung dari luar negri akan relatif lebih cepat mengakses website kalian.

 

4. Bandwidth

Pada tips ke empat ini penulis akan membahas masalah Bandwidth, kalian sudah pasti tahu apa itu Bandwidth khan yah?

Yups, betul… Bandwidth singkatnya ialah satuan kecepatan transfer data yang di hitung berdasarkan bit/second (bps), Bandwidth ini ada dua ya gaes, Upload dan Download (umumnya Bandwidth Upload lebih kecil dari Download).

Misal koneksi server hosting kalian memiliki Bandwidth Download sebesar 1Mb/s, sedangkan koneksi ISP kalian memiliki Bandwidth Download sebesar 50Mb/s, jadi otomatis kalau kalian download file atau data dari server tersebut maka kecepatannya akan mentok di 1Mb/s.

Pada saat pengunjung mengakses website kita maka secara otomatis semua konten-konten website akan di download oleh browser pengunjung, kita tidak tahu seberapa banyak pengunjung yang mengakses dan men-download konten-konten tersebut jadi pastikan Bandwidth yang di sediakan oleh penyedia server hosting sudah Unlimited.

Untuk cara mengetahuinya kalian bisa coba kontak ke sales hosting yang kalian tuju mengenai informasi Bandwidth tersebut.

 

5. Uptime Server

Uptime server disini meliputi kesetabilan suatu server hosting yang biasa di sebut dengan SLA (Self Level Agreement). Secara umum, SLA ini hanya di miliki oleh layanan server hosting tipe Dedicated keatas, jika kalian memilih hosting Shared atau VPS, maka jangan berharap mendapatkan SLA yang baik.

Umumnya nilai minimum SLA yaitu di angka 99.9%, dalam satu bulan jika SLA selalu di bawah 99.9% maka dapat di pastikan server hosting tersebut akan sering mengalami downtime yang berarti website kalian akan sering sulit untuk di akses.

 

6. Fitur Hosting

Pada saat kalian ingin menyewa suatu server hosting biasanya kalian akan di minta untuk memilih aplikasi manajemen hosting yang biasa di sebut dengan Control Panel, di dalam Control Panel ini terdapat beberapa fitur-fitur yang dapat langsung kalian gunakan, seperti fitur Backup Data, Email Management, CMS Installation, Statistic, Database, Logs, Dll. Semakin banyak fitur yang di tawarkan maka akan semakin baik bagi kalian dalam mengelola server hosting tersebut.

FYI, Control Panel yang paling di kenal dan paling banyak di gunakan untuk mengelola akun hosting saat ini ialah CPanel dan Plesk.

 

7. Dokumentasi

Selanjutnya ialah dokumentasi penggunaan layanan hosting tentang bagaimana cara menggunakan dan mengelola server hosting yang baik. Semakin banyak dan akurat dokumentasi yang di berikan oleh jasa penyedia hosting pastinya akan sangat membantu kalian dalam mengelola server hosting kalian.

 

8. Riwayat Penyedia Hosting

Terakhir ialah riwayat penyedia hosting. Riwayat Penyedia Hosting? Perlukah??

Di Negara Indonesia kita yang tercinta ini sudah banyak jasa penyedia layanan hosting yang salin bersaing, jadi menurut penulis riwayat penyedia hosting ini sama pentingnya dengan beberapa tips yang penulis tulis di atas, karena semakin baik riwayat dari penyedia jasa hosting sudah dapat di pastikan layanan yang di berikan relatif memuaskan.

 

Rekomendasi Jasa Web Hosting

Ada banyak jasa penyedia web hosting, sebagai contoh penulis akan membahas sedikit salah satu layanan penyedia hosting yang saat ini menarik perhatian penulis, yaitu HOSTINGER Indonesia. Selain HOSTINGER Indonesia mungkin kalian bisa mempertimbangkan penyedia lain seperti Masterweb Network, RumahWeb, IDWebhost, Dll.

Kenapa HOSTINGER Indonesia?? Karena sejauh yang penulis baru ketahui bahwa ternyata HOSTINGER Indonesia merupakan salah satu jasa penyedia hosting yang sudah lumayan berpengalaman, yang kebetulan saat ini sudah memiliki cabang di beberapa negara, salah satunya di Indonesia dengan taraf internasional.

Penyedia jasa layanan web hosting yang di dirikan tahun 2004 silam di Kaunas negara Lithuania ini mungkin bisa jadi salah satu pilihan kalian dalam memilih jasa penyedia hosting, selain berpengalaman penyedia jasa web hosting ini menawarkan paket SSL dalam penjualannya.

Apa itu SSL? SSL atau Secure Socket Layer merupakan suatu protokol untuk meng-enkripsi informasi penting seperti username, email, password, dll. Saat ini penggunaan SSL sudah sangat di butuhkan, dari pihak Google sendiri sudah memutuskan hanya melakukan proses Crawling website yang sudah menggunakan SSL perbulan Juli kemarin.

Lebih jelas apa itu SSL akan penulis bahas dalam artikel berikutnya. Di tunggu ya…

Website yang sudah menggunakan SSL di tandai dengan adanya protokol HTTPS:// sebelum nama domain kalian, sedangkan yang belum menggunakan SSL masih menggunakan protokol HTTP://.

Kebetulan si HOSTINGER Indonesia menawarkan harga murah untuk paket SSL yang dapat kalian pertimbangkan dalam memilih server hosting baru ataupun yang sudah ada yang dapat kalian lihat pada link berikut :

FYI, di beberapa jasa layanan hosting lain masih menjual SSL dengan harga yang sangat tinggi, di HOSTINGER Indonesia mungkin bisa menjadi alternatif bagi kalian.

Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu kalian dalam memilih jasa layanan hosting terbaik. Salam…

Share social media :



Your response about this article :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Articles

Panduan SEO ala Google
Panduan SEO ala Google
Category : Tips & Tricks | October 24th, 2017
584 | 0
Cara Mudah Download Video Youtube
Cara Mudah Download Video Youtube
Category : Tips & Tricks | September 15th, 2017
1000 | 0
5 Cara Mempercepat Loading Website
5 Cara Mempercepat Loading Website
Category : Tips & Tricks | October 29th, 2015
725 | 0
Nih! 3 Cara Redirek Domain Yang Baik Dan Benar
Nih! 3 Cara Redirek Domain Yang Baik Dan Benar
Category : Tips & Tricks | February 3rd, 2015
629 | 0
Fungsi Kombinasi Tombol Pada Keyboard
Fungsi Kombinasi Tombol Pada Keyboard
Category : Tips & Tricks | July 1st, 2014
3612 | 0
13 Cara Meningkatkan SEO Website
13 Cara Meningkatkan SEO Website
Category : Tips & Tricks | June 30th, 2014
658 | 0
Cara Redirect Domain Utama Ke Subdomain
Cara Redirect Domain Utama Ke Subdomain
Category : Tips & Tricks | April 21st, 2014
1048 | 0
Latest Posts

Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
Category : Others | September 17th, 2018
146 | 0

Halo ghaes… Bagi beberapa dari kalian pasti masih belum ada yang begitu paham bagaimana suatu website bisa menampilkan konten-konten atau artikel seketika kita melakukan pencarian baik dengan menggunakan mesin pencari atau search engine seperti...

Continue reading
Membuat Efek Gradasi Warna Menggunakan CSS
Membuat Efek Gradasi Warna Menggunakan CSS
Category : Tutorials | September 4th, 2018
318 | 2

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat gradasi warna, apa itu gradasi warna bisa kalian lihat contohnya pada gambar-gambar berikut : Yup, seperti yang sudah kalian lihat pada gambar-gambar tersebut dimana pada tiap gambar memiliki lebih dar...

Continue reading
Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
Category : Tips & Tricks | August 14th, 2018
231 | 0

Hallo guys, akhirnya kita berjumpa lagi setelah sekian lama kita berpisah… Hallah… Okey langsung saja, untuk artikel kali ini penulis ingin coba berbagi sedikit mengenai tips jika iklan adsense kamu ter-klik, mungkin lebih tepatnya ter-kl...

Continue reading
Tutorial : Cara Install Composer
Tutorial : Cara Install Composer
Category : Others | June 5th, 2018
343 | 0

Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby (bundler) yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan library-library yang diperlukan. Sumber : Wikipedia Jadi secara garis besar, d...

Continue reading
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Category : Tips & Tricks | November 13th, 2017
666 | 0

Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tampilan bahwa domain kalian di blacklist atau di blokir oleh Google, alhasil tentunya website kalian tidak akan bisa di akses. Ada yang pernah ngalamin?? Bebe...

Continue reading
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Category : Tutorials | November 13th, 2017
1200 | 4

Halo para pembaca Gaswad yang ganteng dan yang cantik-cantik, yang jelek jangan kesinggung ya. Hehe… 😀 Ssetelah sekian lama ngga update akhirnya dapet kesempatan nyolong-nyolong waktu buat nge-update artikel Gaswad. Pada pembahasan artikel k...

Continue reading
Yang Baru Di Bootstrap 4
Yang Baru Di Bootstrap 4
Category : Others | October 31st, 2017
699 | 0

Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Web Responsif Dengan Boostrap yang masih menggunakan versi 3, ehh… udah nongol aja ini adeknya yang versi 4. Yaaa’, sebenarnya sih’ ud...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
Category : Wordpress | October 24th, 2017
798 | 2

Artikel ini merupakan artikel terakhir tentang bagaimana cara membuat template WordPress, bagi kalian yang sudah tertinggal atau melewatkan artikel-artikel sebelumnya, maka silahkan kalian merujuk ke link berikut : Intro & Registering Template ...

Continue reading
Panduan SEO ala Google
Panduan SEO ala Google
Category : Tips & Tricks | October 24th, 2017
584 | 0

Kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips dan panduan untuk meningkatkan SEO website kalian, beberapa panduan dan tips berikut secara kebetulan merupakan salah satu yang  di referensikan oleh Google agar website kalian dapat dengan mudah di cr...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
Category : Wordpress | October 20th, 2017
847 | 0

Pada sesi ini kita akan membuat Menu Navigasi dan Sidebar pada halaman template yang sudah kita buat sebelumnya, sesi ini merupakan sambungan dari artikel-artikel berikut : Intro & Registering Template – Part 1 Frontpage, Header & Footer ...

Continue reading
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
Category : Wordpress | October 20th, 2017
668 | 0

Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membuat template WordPress menyambung artikel sebelumnya. Pada sesi sebelumnya kita sudah berhasil membuat halaman Frontpage, Header dan Footer website, pada artikel kali ini kita akan coba m...

Continue reading
Cara Mendapatkan Uang Dengan Google Adsense
Cara Mendapatkan Uang Dengan Google Adsense
Category : Tutorials | October 16th, 2017
1251 | 2

Setelah beberapa waktu lalu di kantor penulis sempat heboh-hebohnya di karenakan fitur dari Google yang bernama Adsense ini, bagaimana tidak karena rekan-rekan penulis yang tadinya cuma browsing-browsing doang, youtube-an, download film, tidur, kesur...

Continue reading

Wordpress

  • Oct
    24
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
    Artikel ini merupakan artikel terakhir tentang bagaimana cara membuat template WordPress, bagi ...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
    Pada sesi ini kita akan membuat Menu Navigasi dan Sidebar pada halaman template yang sudah kita...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
    Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membuat template WordPress menyambun...
    Read more
  • Oct
    13
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 2
    Artikel ini merupakan sambungan dari artikel pertama, pada artikel sebelumnya kita sudah membah...
    Read more
  • Oct
    10
    2017
    11 Cara Meningkatkan Keamanan Pada WordPress
    Pada artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips seputar keamanan pada website Word...
    Read more
  • More articles
Tips & Tricks

  • Nov
    02
    2018
    8 Tips Memilih Jasa Server Hosting Terbaik
    Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips memilih server hosting terbaik. Ba...
    Read more
  • Oct
    18
    2018
    Syntax error or access violation: 1071 Specified key was too long
    Bagi kalian pengguna Framework Laravel, terutama Laravel mulai dari versi 5.4 keatas pasti pern...
    Read more
  • Aug
    14
    2018
    Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
    Hallo guys, akhirnya kita berjumpa lagi setelah sekian lama kita berpisah… Hallah… ...
    Read more
  • Nov
    13
    2017
    Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
    Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tamp...
    Read more
  • Oct
    24
    2017
    Panduan SEO ala Google
    Kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips dan panduan untuk meningkatkan SEO website kali...
    Read more
  • More articles
Tutorials

  • Nov
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 6 (Menampilkan Data)
    Melanjutkan tutorial sebelumnya dimana kita sudah berhasil memasukan data ke dalam database mel...
    Read more
  • Nov
    01
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 5 (Form Input Data)
    Halo semua, kali ini penulis ingin melanjutkan tutorial cara Belajar Menggunakan Laravel, pada ...
    Read more
  • Oct
    18
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 4 (Model & Konfigurasi Database)
    Halo para pembaca Gaswad, menyambung artikel tutorial Belajar Menggunakan Laravel sebelumnya, k...
    Read more
  • Oct
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 3 (View & Blade Template)
    Di artikel sebelumnya, kita sudah berhasil menampilkan output langsung dari halaman Controller ...
    Read more
  • Oct
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 2 (Routing & Controller)
    Pada artikel kali ini, kita akan belajar menggunakan Routing dan Controller dimana Routing dan ...
    Read more
  • More articles
Others

  • Sep
    17
    2018
    Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
    Halo ghaes… Bagi beberapa dari kalian pasti masih belum ada yang begitu paham bagaimana s...
    Read more
  • Jun
    05
    2018
    Tutorial : Cara Install Composer
    Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby ...
    Read more
  • Oct
    31
    2017
    Yang Baru Di Bootstrap 4
    Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membu...
    Read more
  • Oct
    09
    2017
    Pengertian Page View, Visitor Dan Bounce Rate
    Sebenarnya pada artikel kali ini penulis ingin membuat tutorial bagaimana cara membuat template...
    Read more
  • Sep
    29
    2017
    ​Apa Itu Web Framework?
    Beberapa dari kalian apalagi yang masih pemula dalam bidang pemrograman website pasti masih awa...
    Read more
  • More articles
Page generated in : 863.7 ms