Your browser does not support JavaScript!

Gaswad.Com

— Apapun Informasinya Yang Penting Berguna
    Follow :

Tutorial : Form Input Data Ke Database Dengan PHP-MySQL (Sederhana) – Part 1
Sep 19th, 2017

Tutorial : Form Input Data Ke Database Dengan PHP-MySQL (Sederhana) – Part 1

Category : Tutorials | Posted by G-admin at at September 19th, 2017 13:29 pm
57598 | 45

Pada tutorial kali ini kita akan coba membuat form input ke database komplit dengan skrip untuk koneksi ke database-nya, untuk lebih jelasnya langsung saja kita baca tutorial di bawah ini,

Pertama kita buat dulu 3 buah file, namanya bebas asal berekstensi *.PHP. Kenapa di butuhkan 3 buah file? Sebenarnya di bikin 1 file saja juga cukup, tapi di jamin bakal ngejelimet, oleh karena itu lebih baik di pisah-pisah agar mudah dalam pengembangannya. Dalam tutorial ini penulis membuat file-file yang antara lain :

  1. satu.php, file ini akan berisi kode yang nantinya berfungsi untuk menampilkan form input-nya.
  2. dua.php,Β  file ini yang berfungsi sebagai konfigurasi PHP-nya agar data yang di proses di file tiga.php di bawah dapat tersimpan ke dalam database, jadi database-nya nanti akan kita buat di langkah 2 di bawah.
  3. tiga.php, file ini yang akan memproses data yang di input melalui form input di file satu.php.

Pastikan untuk Virtual Server pada PC kalian sudah di jalankan terlebih dahulu. Apa itu Virtual Server dan fungsinya silahkan kalian merujuk ke link berikut.

Jika sudah, masuk ke dalam folder /htdocs dari Virtual Server XAMPP kalian, buat folder baru di folder tersebut dengan nama ‘/form_input‘, lalu masukan ke tiga file tadi ke dalam folder /form_input.

 

Langkah 1. (Form Input)

satu.php

1. Buka file satu.php, masukan tag HTML standar seperti <title>, <head>, <body>, dll. lalu di bagian tag <body> buat form untuk input datanya, berikut skripnya :

<body>
  <form method="post" action="tiga.php">
    Nama : <input type="text" name="nama" /><br />
    Alamat : <input type="text" name="alamat" /><br />
    Telpon : <input type="text" name="telp" /><br />
    <input type="submit" value="Submit" />
  </form>
</body>

Penjelasan

method, pada bagian ‘method‘ yang di huruf tebal di atas boleh kalian isi ‘post‘ atau ‘get‘, perbedaan POST dan GET ini kurang lebih penjelasannya sebagai berikut.

Kalau kalian perhatikan pada form di atas terdapat 3 value, yaitu name=”nama; name=”alamat dan name=”telp, data input dari ketiga value ini yang akan di proses di file dua.php nanti, kalau kalian menggunakan GET, setelah di submit maka nilai dari value yang kalian masukan akan tampil di URL browser kalian.

http://localhost/satu.php?name=otong&alamat=bekasi&telp=082373843

Sedangkan kalau kalian menggunakan POST pada method-nya, maka nilai dari value yang kalian masukan tidak akan di tampilkan.

http://localhost/satu.php

Sedangkan dari sisi sekuritinya otomatis GET sedikit kurang jika di bandingkan dengan POST, namun bukan berarti GET lebih buruk, ada beberapa fitur GET yang lebih baik daripada POST. Mengenai keunggulan-keunggulannya kalian bisa coba browsing sendiri di Om’ Google.

action, action pada form di atas bisa di istilahkan sebagai navigator, pada saat tombol Submit di klik nanti si tombol ini akan ‘nanya‘ ke action, data-data yang sudah kalian input ini mau di proses dimana, lalu si action bilang, ‘di dua.php aja…‘, oleh karena itu untuk action kita isi nama file dua.php agar data input-nya bisa di proses di file tersebut.

type, type atau tipe input dalam istilah yang lebih mudahnya yaitu jenis kolom, kalau kolomnya untuk input nama berarti tipe input-nya ‘text‘, kalau buat email berarti tipe inputnya ‘email‘, kalau buat nomor berarti tipe input-nya ‘number‘, begitu seterusnya, attributnya sendiri bermacam-macam, jelasnya kalian bisa lihat di link berikut.

HTML Attribute

name, name akan berfungsi sebagai nama dari kolom input itu sendiri, name perlu di isi karena nanti berfungsi sebagai ‘inisial‘ di dalam file proses php (tiga.php).

Jika sudah selesai sekarang tinggal buka browser kalian lalu akses ‘http://localhost/form_input/satu.php‘, kurang lebih tampilan form-nya akan seperti ini :

 

Langkah 2. (Koneksi Database)

Setelah layout atau tampilan form input sudah selesai kalian buat, selanjutnya kita akan membuat koneksi PHP ke database, oleh karena itu silahkan terlebih dahulu buat database melalui phpMyAdmin dengan mengakses ‘http://localhost/phpmyadmin‘.

Setelah itu silahkan kalian buat database-nya, misal dengan nama ‘input_tabel‘. Lalu berdasarkan input value yang sudah kalian buat di atas, maka untuk query-nya bisa berupa nm, addr dan tlp atau yang lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan query ID dan set Auto Increment untuk query ID.

Query nm, addr dan tlp akan menyimpan value atau nilai yang kita masukan melalui form input setelah tombol Submit di klik.

dua.php

Pada file dua.php silahkan kalian masukan skrip berikut :

<?php
  $host ="localhost"; //host server
  $user ="root"; //user login phpMyAdmin
  $pass ="root"; //pass login phpMyAdmin
  $db ="input_form"; //nama database
  $conn = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db) or die ("Koneksi gagal");
?>

Skrip di atas merupakan skrip untuk koneksi ke database-nya, sebenarnya ada banyak skrip yang bisa kita gunakan untuk mengkoneksikan PHP ke database, salah satunya skrip di atas.

mysqli_connect();, berfungsi untuk memberikan akses ke dalam database dengan memberikan autentikasi yang berupa nama host, user, pass dan nama_database($db) sebagai data login-nya.

or die;, akan menampilkan pesan error jika terjadi kesalahan pada saat proses autentikasi.

Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah kalian lakukan.

 

Langkah 3. (Process Input)

tiga.php

Setelah database, tabel, query serta skrip koneksi database-nya sudah kalian buat, selanjutnya tinggal membuat skrip yang berfungsi untuk memproses hasil input yang kalian masukan di form input agar data-data input-nya dapat tersimpan ke dalam database. silahkan masukan skrip berikut di folder tiga.php.

<?php
  include "dua.php";
  $name	= $_REQUEST['nama'];
  $alm	= $_REQUEST['alamat'];
  $telp	= $_REQUEST['telp'];
  $mysqli	= "INSERT INTO input_tabel (nm, addr, tlp) VALUES ('$name', '$alm', '$telp')";
  $result	= mysqli_query($conn, $mysqli);

  if ($result) {
    echo "Input berhasil";
  } else {
    echo "Input gagal";
  }

  mysqli_close($conn);
?>

include ‘dua.php’;, sintak ini akan memanggil perintah yang ada di dalam file dua.php di mana di dalamnya berupa skrip untuk koneksi ke database, jika data akses ke database ada yang tidak sesuai maka akan menampilkan pesan error.

$name, $addr, $telp, berfungsi sebagai ‘inisial‘ yang akan menyimpan nilai/value yang nantinya akan di masukan ke dalam database, dalam praktik ini, string tersebut tidak harus berupa $name, $addr atau $telp, bisa berupa $tes1, $tes2, $tes3, dsb.

$_REQUEST[], merupakan array assosiatif yang berisi nilai/value dari fungsi $_GET, $_POST atau $_COOKIE yang ada pada file satu.php, $_REQUEST dapat mengambil data dari $_POST atau $_GET. Contoh skrip di atas, $_REQUEST mengambil nilai dari nama, alamat dan telp pada file satu.php.

Pada skrip di atas tidak harus selalu menggunakan $_REQUEST, namun $_POST atau $_GET juga bisa. Kalau menurut teman yang jago koding, penggunaan $_GET atau $_COOKIE sudah jarang, $_POST masih ada beberapa yang menggunakan namun di sarankan menggunakan $_REQUEST di karenakan masalah keamanan.

('INSERT INTO NAMA_TABEL (query1, query2, query3, dsb.) VALUE ('$string1', '$string2', '$string3, $dsb.')');

INSERT INTO, merupakan perintah yang berfungsi untuk memasukan nilai ke dalam NAMA_TABEL dimana di dalamnya terdapat query1, query2, query3, dsb., sedangkan yang di inputkan merupakan VALUE dari ‘$string1‘, ‘$string2‘, ‘$string3‘, dsb.

ECHO, perintah PHP yang akan menampilkan deskripsi yang kita masukan. Pada skrip di atas, perintah ECHO akan menampilkan ‘Input berhasil‘ jika nilai berhasil di input.

Sampai sini kita sudah dapat meng-input data berupa Nama, Alamat dan No Telp ke dalam database, kekurangan dari skrip di atas ialah belum ada kondisi (IF), jadi akan tetap terinput ke dalam database meskipun nilainya kosong, dengan kata lain data akan tetap tersimpan ke dalam database meskipun kita tidak memasukan Nama, Alamat atau Telp pada form yang tersedia.

Pada tutorial berikutnya, kita akan coba memodifikasi skrip di atas (tiga.php) dengan menggunakan kondisi (IF). Yang di dapat jika menggunakan kondisi (IF) ini ialah nilai tidak boleh NULL, jadi tiap form harus di isi agar data dapat ter-input ke database.

* Untuk penamaan database dan tabel di usahakan jangan ada spasi atau simbol ‘ – ‘, sebagai gantinya kalian bisa menggunakan simbol ‘ _ ‘ (underscored) sebagai pemisah dan usahakan pula baik nama database dan tabel menggunakan huruf kecil.

Source code :

Download Source Code – Part 1

Share social media :



Your response about this article :


45 responses to “Tutorial : Form Input Data Ke Database Dengan PHP-MySQL (Sederhana) – Part 1”

  1. kok muncul gini ya mas ?

    Connected successfullyInput gagal

    maklum masih pelajar hehe

  2. oka says:

    makasi banyak gan

  3. Nursaleh says:

    Alhamdulillah berhasil (setelah beberapa kali trial n error). Terimakasih banyak mas ilmunya. Tapi nama tabel saya masih pakai spasi (nanti saya rubah lagi lah).
    Sambil saya pelajari IF, ini yang diperlukan adalah script untuk nenampilkan hasil input dalam bentuk tabel dan bersifat privat (tidak publik).
    Oh iya mas, mau tanta nih, kan saya biki 4kolom, nah di form kan cuma saya tampilin 3. Gimana caranya supaya kolom ke 4 terisi sesuai keinginan saya (default) di hasilnya, jadi tidak perlu di tampilkan dan di isi tapi sudah ada isinya di tampilan hasil. Itu script yang mana yang mesti di oprek mas?
    Terimakasih banyak ya mas .

    • Sorry gan baru reply, coba di cek lagi skrip tutorial di atas gan, udah ada beberapa ane revisi dan di perbarui. Kalo mau gampang tinggal download aja source code-nya, mudah2an membantu ya gan.

      Kalo mau di bikin private bisa2 aja gan, agan coba pelajarin fungsi session() di PHP, coba googling banyak kok artikelnya, yang pasti kalo mau pake session berarti musti bikin privilege akun.

      Gampang gan, cek di tabelnya khan cuma ada 3 kolom, nm, addr dan tlp, agan tinggal bikin kolom baru di tabelnya, nama kolomnya bebas yg penting kalo udah jadi musti agan definisiin lagi kolom baru tersebut di setiap file.

  4. Ahmad Jazuli says:

    Gila lengkap bener gw yg g ngerti sma sekali jadi ngerti Mantull.. dari Akar dijelasin, gg..!

    Bahasanya gmpng d cerna gomawo gan

  5. gusdur says:

    makasihhhhhhhhhhhhh mantappppp tulll

  6. gusdur says:

    makasihhhhhhhhhhhhh mantappppp

  7. Rizki Puji says:

    makasih banyak gan πŸ˜€

  8. gembulkohler says:

    bang muncul pesan gini “Warning: mysqli_connect(): (HY000/1045): Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\form_input\dua.php on line 6
    Koneksi gagal” apa ya bang permasalahannya

  9. gembulkohler says:

    bang ada error ini ” Warning: mysqli_connect(): (HY000/1045): Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\form_input\dua.php on line 6
    Koneksi gagal ” kenapa ya bang?

  10. aldi says:

    saya coba inputan berhasil, tapi ko ga muncul di mysql nya ya om?
    padahal ga ada pesan eror semua tak cek juga sama percis
    sampe pusing

    • Btw koneksi ke databasenya udah di pastiin ngga ada error ya gan? Terus nama field/kolom yang ada di database udah sesuai ama yang agan ketikin di skripnya belom gan? Kalo belom di pastiin agar sesuai dulu gan.

  11. fidel says:

    saya mau nanya, kalo untuk melihat data-data yang di pesan itu gmna ya?? saya baru 15% html, tpi untuk database belum paham, mas bisa jelasin ??
    atau saya boleh mnta no Mas??

    • Untuk melihat data-data yg di pesan ada di Part 3 deh gan kalo ngga salah,
      https://www.gaswad.com/tutorials/tutorial-menampilkan-isi-database-part-3/

      Sebenarnya mau agan ngga menguasai HTML juga ngga masalah sih gan, pemrograman PHP/SQL ngga ada relasinya ama HTML, HTML cuma berperan sebagai Frontend atau tampilannya aja, kalo PHP/SQL berperan sebagai Backend karena tugasnya memproses-proses data.

      Jadi kalo agan HTML-nya masih basic tetap bisa ngikutin tutorial ini gan.

      No ada tp lg ngga di share gan, enaknya share di sini aja gan biar yg lain bisa ikut bantu2 bales gan, ane jg masih awal inih. Hehe…

  12. Sigit says:

    Script insert to hal baru apaa di taro di tengah

  13. Fahmi says:

    Gan, ko waktu membuat database muncul tulisan “#1075 – Incorrect table definition; there can be only one auto column and it must be defined as a key”

    • Coba agan cek lagi di tabel-tabel yg agan bikin, kayaknya ada yg ke set sebagai ‘Auto Increment’ lebih dari 1 tabel gan, pastiin Auto Increment ini cuma di set di tabel ‘id’, ini kalo ane liat dari pesan error-nya ya gan, kalo mau lebih jelasi lagi coba googling aja gan, masukin error code-nya, #1075

  14. Dewi maliana says:

    Terimakasih untuk informasinya, sangat bermanfaat sekali

  15. Marzuki says:

    Saya pengin buat website toko yg ada updatenya. isinya tambah kurang perbarui dan updatenya cuma bisa yg ngisi pemilik tokonya saja, yg lain cuma dapat liat gambar nama barang dan harga, jika boleh saya minta tolong caranya yah..
    Terimakasih…

    • Agan kalo mau bikin website toko (Ecommerse) semacam bukalapak, tokopedia ato lazada sebenarnya itu untuk programmer kelas expert dan butuh waktu lama gan, jadi sangat TIDAK di sarankan menggunakan metode natif ato manual seperti tutorial di atas, di jamin 100% bakalan susah untuk development-nya. Jadi ane saranin agan pake Framework PHP seperti Laravel ato Yii! Framework. Tutorial di atas hanya untuk basic-nya aja agar agan tau flow2-nya bagaimana. Insya allah nanti ane bikin tutorial pake Framework Laravel deh’, jadi di tunggu ya gan… Thanx…

  16. http://www.atmaluhur.ac.id

    cara bikin imputan data di web caranya gimna saya belum paham

    klo pnya codingan kirim ken email saya [email protected]

  17. jhony says:

    kalau sudah berhasil diinput , namun formnya itu kita isi dengan data baru yang menggantikan data lama di database bagaimana ya ? soalnya ini kan hanya menambahkan terus data nya tanpa mengupdate data .. terima kasih

  18. jeff says:

    Thanks gan.. ini yg gua cari2 selama ini.. udah coba.. 100% work ini link percobaannya : http://jeff1304.dx.am/database/createdatabase1.php

  19. Rio says:

    Kenapa saat saya input data, data yg masuk ke database hanya satu, jika ditambah lagi akan jadi gagal. Terima kasih.

  20. luqman says:

    Terimakasih..Tulisannya Sangat Membantu.
    My blog
    My Campus

  21. Terima kasih artikel anda sangat bermanfaat untuk saya pelajari sendiri
    My blog
    My Campus

  22. joen says:

    terimkasih infonya, sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Posts

Syntax error or access violation: 1071 Specified key was too long
Syntax error or access violation: 1071 Specified key was too long
Category : Laravel, Tips & Tricks | October 18th, 2018
453 | 0

Bagi kalian pengguna Framework Laravel, terutama Laravel mulai dari versi 5.4 keatas pasti pernah mengalami pesan error berikut pada saat melakukan migrasi tabel dengan menggunakan perintah migrate : SQLSTATE[42000]: Syntax error or access violation:...

Continue reading
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 4 (Model & Konfigurasi Database)
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 4 (Model & Konfigurasi Database)
Category : Laravel, Tutorials | October 18th, 2018
756 | 0

Halo para pembaca Gaswad, menyambung artikel tutorial Belajar Menggunakan Laravel sebelumnya, kali ini kita akan membahas sedikit tentang pengenalan Model dan bagaimana melakukan Konfigurasi Database, namun pastikan kalian sudah membaca tutorial-tuto...

Continue reading
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 3 (View & Blade Template)
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 3 (View & Blade Template)
Category : Laravel, Tutorials | October 9th, 2018
1108 | 0

Di artikel sebelumnya, kita sudah berhasil menampilkan output langsung dari halaman Controller (webController.php) namun hanya sebatas sebagai Debugger saja. Halaman Controller memang tidak di khususkan untuk di kostumisasi sebagai Front-End website,...

Continue reading
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 2 (Routing & Controller)
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 2 (Routing & Controller)
Category : Laravel, Tutorials | October 9th, 2018
830 | 0

Pada artikel kali ini, kita akan belajar menggunakan Routing dan Controller dimana Routing dan Controller ini sudah pasti ada dan disediakan di setiap framework khususnya framework PHP. Sebelum kita melangkah terlalu jauh sampai tidak kelihatan, perl...

Continue reading
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 1 (Instalasi Laravel)
Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 1 (Instalasi Laravel)
Category : Laravel, Tutorials | October 9th, 2018
995 | 0

Halo para pembaca GaswadΒ yang setia menunggu artikel baru dari penulis (pede), setelah sekian lama tidak update-update karena di sibukan dengan pekerjaan kantor akhirnya hari ini, jam ini, menit ini dan detik ini, penulis berhasil menyempatkan diri ...

Continue reading
Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
Category : Others | September 17th, 2018
1485 | 0

Halo ghaes… Bagi beberapa dari kalian pasti masih belum ada yang begitu paham bagaimana suatu website bisa menampilkan konten-konten atau artikel seketika kita melakukan pencarian baik dengan menggunakan mesin pencari atau search engine seperti...

Continue reading
Membuat Efek Gradasi Warna Menggunakan CSS
Membuat Efek Gradasi Warna Menggunakan CSS
Category : Tutorials | September 4th, 2018
2980 | 2

Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat gradasi warna, apa itu gradasi warna bisa kalian lihat contohnya pada gambar-gambar berikut : Yup, seperti yang sudah kalian lihat pada gambar-gambar tersebut dimana pada tiap gambar memiliki lebih dar...

Continue reading
Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
Category : Tips & Tricks | August 14th, 2018
857 | 0

Hallo guys, akhirnya kita berjumpa lagi setelah sekian lama kita berpisah… Hallah… Okey langsung saja, untuk artikel kali ini penulis ingin coba berbagi sedikit mengenai tips jika iklan adsense kamu ter-klik, mungkin lebih tepatnya ter-kl...

Continue reading
Tutorial : Cara Install Composer
Tutorial : Cara Install Composer
Category : Others | June 5th, 2018
1046 | 0

Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby (bundler) yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan library-library yang diperlukan. Sumber : Wikipedia Jadi secara garis besar, d...

Continue reading
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
Category : Tips & Tricks | November 13th, 2017
1298 | 0

Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tampilan bahwa domain kalian di blacklist atau di blokir oleh Google, alhasil tentunya website kalian tidak akan bisa di akses. Ada yang pernah ngalamin?? Bebe...

Continue reading
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Cara Menambah Ads Unit Atau Blok Iklan Adsense
Category : Tutorials | November 13th, 2017
1931 | 4

Halo para pembaca Gaswad yang ganteng dan yang cantik-cantik, yang jelek jangan kesinggung ya. Hehe… πŸ˜€ Ssetelah sekian lama ngga update akhirnya dapet kesempatan nyolong-nyolong waktu buat nge-update artikel Gaswad. Pada pembahasan artikel k...

Continue reading
Yang Baru Di Bootstrap 4
Yang Baru Di Bootstrap 4
Category : Others | October 31st, 2017
1355 | 0

Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Web Responsif Dengan Boostrap yang masih menggunakan versi 3, ehh… udah nongol aja ini adeknya yang versi 4. Yaaa’, sebenarnya sih’ ud...

Continue reading

Wordpress

  • Oct
    24
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 5 (Complete)
    Artikel ini merupakan artikel terakhir tentang bagaimana cara membuat template WordPress, bagi ...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 4
    Pada sesi ini kita akan membuat Menu Navigasi dan Sidebar pada halaman template yang sudah kita...
    Read more
  • Oct
    20
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 3
    Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membuat template WordPress menyambun...
    Read more
  • Oct
    13
    2017
    Tutorial : Cara Membuat Template WordPress – Part 2
    Artikel ini merupakan sambungan dari artikel pertama, pada artikel sebelumnya kita sudah membah...
    Read more
  • Oct
    10
    2017
    11 Cara Meningkatkan Keamanan Pada WordPress
    Pada artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips seputar keamanan pada website Word...
    Read more
  • More articles
Tips & Tricks

  • May
    15
    2019
    Multiple Versi PHP di XAMPP??? Kenapa Tidak!
    Pada artikel kali ini penulis ingin berbagi tips bagaimana menjalankan multiple versi PHP di da...
    Read more
  • Nov
    02
    2018
    8 Tips Memilih Jasa Server Hosting Terbaik
    Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips memilih server hosting terbaik. Ba...
    Read more
  • Oct
    18
    2018
    Syntax error or access violation: 1071 Specified key was too long
    Bagi kalian pengguna Framework Laravel, terutama Laravel mulai dari versi 5.4 keatas pasti pern...
    Read more
  • Aug
    14
    2018
    Iklan Adsense Di Website Kamu Ter-klik Sendiri? Nih! Tips-nya
    Hallo guys, akhirnya kita berjumpa lagi setelah sekian lama kita berpisah… Hallah… ...
    Read more
  • Nov
    13
    2017
    Error Reported Attack Page! Waw… Domain Di Blacklist Google??
    Seperti yang kalian lihat pada contoh tampilan gambar di atas, tampilan tersebut merupakan tamp...
    Read more
  • More articles
Tutorials

  • Jul
    18
    2019
    Tutorial : Integrasi Custom Media Gallery Dengan TinyMCE Dan Bootstrap
    Holllaa…! Apa kabar para calon-calon programer handal yang baik dan budiman! Semoga setel...
    Read more
  • Jul
    18
    2019
    Instalasi Text Editor WYSIWYG TinyMCE
    Sesuai pada judul artikel ini, beberapa kalian pasti masih ada yang belum mengenal apa itu Text...
    Read more
  • Apr
    30
    2019
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 8 (Delete Data) END
    Artikel kali ini merupakan artikel terakhir tentang tutorial Belajar Menggunakan Laravel, pada ...
    Read more
  • Apr
    30
    2019
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 7 (Update/Edit Data)
    (Curcol) Sempat hilang kabar sampai berbulan-bulan akhirnya penulis kembali lagi untuk melanjut...
    Read more
  • Nov
    09
    2018
    Tutorial : Belajar Menggunakan Laravel – Part 6 (Menampilkan Data)
    Melanjutkan tutorial sebelumnya dimana kita sudah berhasil memasukan data ke dalam database mel...
    Read more
  • More articles
Others

  • Sep
    17
    2018
    Perbedaan Localhost Dan Web Hosting
    Halo ghaes… Bagi beberapa dari kalian pasti masih belum ada yang begitu paham bagaimana s...
    Read more
  • Jun
    05
    2018
    Tutorial : Cara Install Composer
    Apa Itu Composer? Composer adalah suatu aplikasi manajemen paket selain Node.js (npm) dan Ruby ...
    Read more
  • Oct
    31
    2017
    Yang Baru Di Bootstrap 4
    Tidak terasa baru saja beberapa waktu lalu penulis menulis artikel tentang Bagaimana Cara Membu...
    Read more
  • Oct
    09
    2017
    Pengertian Page View, Visitor Dan Bounce Rate
    Sebenarnya pada artikel kali ini penulis ingin membuat tutorial bagaimana cara membuat template...
    Read more
  • Sep
    29
    2017
    ​Apa Itu Web Framework?
    Beberapa dari kalian apalagi yang masih pemula dalam bidang pemrograman website pasti masih awa...
    Read more
  • More articles
Page generated in : 937.44 ms